Tugas Fisika

Judul: Viskositas Pada Astenosfer

Sintesis: Bumi terdiri dari dua lapisan yaitu litosfer dan astenosfer. Litosfer terdiri atas lapisan kerak bumi dan bagian atas mantel bumi yang kaku dan padat. Di bawah lapisan litosfer terdapat astenosfer yang berbentuk padat tetapi bisa mengalir seperti cairan tapi bergerak sangat lambat dan dalam waktu yang sangat lama, karena adanya viskositas dan kekuatan geser (shear strength) yang rendah. Kalau kita lihat lebih dalam lagi, bagian mantel yang di bawah astenosfer sifatnya menjadi lebih padat dan kaku lagi. Penyebabnya bukanlah suhu yang lebih dingin, melainkan tekanan yang lebih tinggi.

Dari uraian diatas saja, sudah banyak contoh fisika yang dapat kita telaah. Pertama saya akan menguraikan tentang cairan astenosfer. Cairan pada astenosfer bersifat seperti fluida, karena zat yang ada di astenosfer dapat bergerak.

Sifat fisika yang ke dua yang akan saya bahas adalah viskositas pada astenosfer lapisan bumi kita. Astenosfer memang berbentuk cairan (kental atau viscous) oleh sebab itu pasti punya nilai viskositas. Viskositas sendiri adalah ukuran kekentalan suatu fluida. Zat yang jenisnya berbeda pasti punya kekentalan yang berbeda. Begitu juga dengan suhu, jika dua zat yang suhunya berbeda maka ia mempunyai viskositas yg berbeda pula. Contohnya dalam bumi kita ini, makin ke dalam menuju inti makin naik pula suhunya, dan makin cair saja bentuknya.

Tidak hanya mempunyai viskositas saja, tetapi astenosfer mempunyai sifat viskoelastisitas sehingga ia benar-benar bersifat seperti fluida.

Itulah salah satu contoh hubungan antara fisika dengan bidang geologi yang dapat saya jelaskan.

Referensi:
Giancoli, Douglas C., 2001, Fisika Jilid I, Jakarta: Penerbit Erlangga
http://www.gurumuda.com/viskositas
http://id.wikipedia.org/wiki/tektonik_lempeng

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s